PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Teams Games Tournament (TGT) DENGAN MEDIA GAME MONOPOLI PADA MATERI ORGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Main Author: IDAWATI PURBA, DASDO IDAWATI PURBA
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13903/1/skripsi%20DASDO%20IDAWATI%20PURBA.pdf
http://repository.unib.ac.id/13903/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dalam penerapan model kooperatif tipe TGT dengan media game monopoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIG SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa dan peneliti sebagai mahasiswa pratikan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, sedangkan lembar tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa pada materi Organ Tumbuhan. Hasil analisa data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 25 dengan kriteria baik, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 27 dengan kriteria baik. Hasil analisa data observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 25 dengan kriteria baik mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 27 dengan kriteria baik. Hasil analisa ketuntasan belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal 75% dengan kriteria tuntas, meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kriteria tuntas. Disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TGT dengan media game monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIG SMP Negeri 10 Kota Bengkulu pada materi Organ Tumbuhan. Kata kunci: Organ tumbuhan, hasil belajar, model kooperatif tipeTGT