ANALISIS KORELASI ANTARA KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X IPA II SMAIT IQRA’ KOTA BENGKULU PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E
Main Author: | PUTRI WAHYUNI, ANNISA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13893/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/13893/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses dan hasil belajar siswa kelas X IPA II SMAIT IQRA’ Bengkulu serta mengetahui ada tidaknya korelasi antara keterampilan proses dan hasil belajar Biologi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan subjek berjumlah 24 orang. Keterampilan proses yang diteliti meliputi keterampilan mengamati, mengklasifikasi, merancang percobaan, menggunakan alat dan bahan, dan berkomunikasi yang diukur menggunakan angket. Hasil belajar siswa diukur menggunakan tes tertulis setelah pembelajaran dengan model Siklus Belajar 5E pada materi ekologi dengan sub materi aliran energi. Data keterampilan proses dan hasil belajar siswa dianalisis rata-rata, standar deviasi, dan persentasenya, kemudian diuji korelasinya dengan rumus korelasi Pearson Product Moment dengan angka kasar. Uji korelasi dilakukan dengan membandingkan rhitung dengan rtabel pada taraf kepercayaan 95% pada tabel harga kritik dari r Product Moment dengan nilai N= 24, yaitu 0,404. H0 diterima jika rhitung < rtabel atau H0 ditolak jika rhitung > rtabel. Berdasarkan perhitungan didapatkan rata-rata skor keterampilan proses siswa kelas X IPA II SMAIT IQRA’ Bengkulu sebesar 57.13 dengan standar deviasi sebesar 4,39 dan termasuk kategori keterampilan proses baik. Rata-rata skor hasil belajar siswa adalah 48,44 dengan standar deviasi sebesar 20,45 dan termasuk kategori hasil belajar cukup. rhitung diperoleh sebesar 0,227dengan interprestasi yang diperoleh yaitu korelasi lemah, dan berdasarkan hipotesis disimpulkan keterampilan proses siswa tidak berkorelasi dengan hasil belajar siswa kelas kelas X IPA II SMAIT IQRA’ Bengkulu pada pembelajaran Biologi dengan model Siklus Belajar 5E. Kata kunci: Biologi SMA, hasil belajar, keterampilan proses,Siklus Belajar 5E