KUALITAS DAN MUTU PELAYANAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR(IPA)NELAS KOTA BENGKULU
Main Authors: | Kurniawan, Cecep, Syaiful, S, Sigit, Mujiharjo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/1388/1/I%2CII%2CIII%2CII-13-cec.FP.pdf http://repository.unib.ac.id/1388/2/IV%2CV%2CVI%2CLAMP%2CIi-13-cec.FP.pdf http://repository.unib.ac.id/1388/ |
Daftar Isi:
- Air salah satu unsur paling penting bagi kehidupan, baik kehidupan manusia, hewan, tumbuhan maupun alam dan lingkungannya. Aspek-aspek kehidupan baik langsung maupun tidak langsung mempunyai hubungan erat dengan penggunaan/pemanfaatan air, misalnya untuk menunjang kebutuhan rumah tangga, industri dan sebagainya. Persepsi pelayanan PDAM Kota Bengkulu, mayoritas responden pada jarak yang berbeda menyatakan bahwa pelayanan PDAM dengan persentase 75 % menyatakan Jelek. Hasil uji laboratorium LABKESDA Propinsi Bengkulu menunjukkan hasil 4 sampel air dengan 3 kali pengambilan pada hari yang berbeda dan jam yang sama air baku maupun air olahan dari IPA nelas dari segi parameter fisika dan kimia sudah memenuhi standar yang ditetapkan menurut baku mutu Permenkes RI Nomor 492/Menkes /PerIV/2012. Dari segi bakterilogis memperlihatkan bahwa air Nelas sebelum di proses mempunyai total coliform yang tinggi diatas ambang batas untuk PDAM, tetapi setelah melalui proses IPA Nelas terjadi penurunan yang sangat jauh sehingga dapat memenuhi standar air untuk digunakan masyarakat. Kata kunci : Air PDAM