PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN DI KELAS XI IPA 5 MAN 1 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research)
Main Author: | MUHAMMAD ALI AKBAR, ALHAMID |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13866/1/SKRIPSI%20ALI%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/13866/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 MAN 1 Kota Bengkulu pada materi sistem pernafasan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus penelitian ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 5 MAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 dan peneliti sebagai guru. Variabel penelitian adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa adalah observasi menggunakan lembar observasi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data sikap dan keterampilan siswa adalah observasi menggunakan lembar observasi. Untuk data pengetahuan siswa di dapatkan dengan mengadakan post test pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian , aktivitas guru dari siklus I dengan rerata 27,5 ke siklus II dengan rerata 33. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rerata 23,5 meningkat menjadi 31 pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal pengetahuan siswa pada siklus I yakni sebesar 58,82 % meningkat pada siklus II menjadi 88,23 %. Persentase ketuntasan klasikal sikap siswa pada siklus I yakni sebesar 76,47 % pada siklus II meningkat menjadi 97,05 %. Persentase ketuntasan klasikal keterampilan siswa pada siklus I yakni sebesar 73,52 %, meningkat pada siklus II menjadi 94,11%. Jadi, penerapan model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI IPA 5 MAN 1 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Aktivitas Guru Dan Siswa, Hasil Belajar,Inkuiri,