PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MESIN BALANCING RODA MOBIL
Main Authors: | PRAYOGA, RESTU, Witanto, Yovan, Sofwan, A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13857/1/skripsi.pdf http://repository.unib.ac.id/13857/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan roda mobil sangat dominan ketika mobil beroperasi. Kondisi ini menyebabkan sering terjadinya kerusakan pada roda mobil. Salah satu kerusakan roda adalah unbalance. Kondisi unbalance apabila dibiarkan akan berakibat buruk pada performa mobil. Untuk mengatasi kondisi unbalance pada roda mobil, maka dirancang mesin balancing roda mobil. Proses perancangan dilakukan dengan cara pemilihan dan perhitungan dari setiap komponen, kemudian dilakukan proses simulasi dengan menggunakan perangkat lunak elemen hingga. Setelah dilakukan simulasi dapat diketahui apakah rancangan mesin balancing aman. Adapun komponen pada mesin balancing roda mobil adalah rangka mesin, motor listrik, sabuk-v, puli, poros, bearing dan komponen penyambung roda dan mesin balancing. Dari hasil perancangan diketahui dimensi mesin balancing adalah panjang 750 mm, lebar 750 mm dan tinggi 825 mm. Material rangka mesin adalah baja ASTM A36 dengan profil c-chanel 80 × 45 × 5 mm. Sumber penggerak adalah motor listrik 2 HP. Sabuk-v yang digunakan adalah tipe-A no 54. Diameter puli motor penggerak adalah 203,2 mm dan diameter puli poros adalah 107,8 mm. Poros dibuat dari material BjTS 40 dengan diameter 28,5 mm. Jenis bearing yang digunakan adalah Uc 206-18. Sistem penyambung roda dan mesin balancing adalah ulir M 27 dengan komponen penahan. Berdasarkan standar ISO 2372 dilakukan pengujian pada mesin balancing yang dirancang. Dari hasil pengujian diketahui mesin yang dirancang dapat melakukan proses balancing sampai putaran 700 rpm. Kata kunci: Roda Mobil, Mesin Balancing Roda Mobil, Perancangan Mesin