The correlation Between the Use of Online Reading Strategy and Reading Achievement of the Eighth Semester Studentsof English Education Study Program At University of Bengkulu

Main Authors: WARNINGSIH, WARNINGSIH, Syafrial, Syafrial, Harahap, Alamsyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13839/1/SKRIPSI%20WINARSIH%20OK.pdf
http://repository.unib.ac.id/13839/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana penggunaan strategi membaca online pada siswa, prestasi belajar siswa dan ada tidaknya korelasi yang signifikan antara penggunaan membaca online dan prestasi belajar. Desain penelitian ini adalah korelasi kuantitatif. Jumlah populasi dari penelitian ini 64 siswa semester delapan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Bengkulu. Desain penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen: Pertama yaitu kuesioner. Instrumen ini terdiri dari 34 item dan dibagi menjadi tiga yaitu strategi global (17 item), strategi pemecahan masalah (8 item), dan strategi pendukung (9 item); kedua yaitu nilai siswa pada mata kuliah extensive reading dari dosen. Ada hubungan yang koefisien dimana r-obtained -0.090 < r- tabel (0.2461) dan didapat level yang signifikan yaitu 0,480 (lebih besar dari 0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan pada penggunaan strategi membaca online dan prestasi belajar, tetapi terdapat korelasi pada salah satu strategi yaitu korelasi negatif pada strategi pemecahan masalah, sementara dua strategi lainnya menunjukkan tidak ada korelasi dengan prestasi belajar.