DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus Pada Saat Istirahat Sekolah Dasar Di Negeri 71 Kota Bengkulu)

Main Author: YULYANTI, YEPI
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13829/1/YEPI%20YULIANTI%20-%20NPM.%20D1A012058%20%5B%20SKRIPSI%20%5D.pdf
http://repository.unib.ac.id/13829/
Daftar Isi:
  • Interaksi sosial merupakan suatu proses sosial yang terjadi karena adanya hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang mencakup hubungan antar individu, antar kelompok, maupun antara individu dengan kelompok. Konsep penelitian ini menggunakan bentuk interaksi sosial yang meliputi kerja sama, persaingan, dan pertentangan, serta dampak penggunaan handphone terhadap interaksi sosial anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan handphone terhadap interaksi sosial siswa sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian adalah 10 orang dengan penentuan melalui porposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak penggunaan handphone terhadap interaksi sosial siswa sekolah dasar adanya dampak positif yang diterima anak dapat menghubungi orang tua saat pulang sekolah, negatifnya pada jam istirahat anak lebih suka menggunakan handphone dan berdiam diri dikelas, serta dalam menggunakan handphone terjadinya juga kerja sama dalam mengerjakan tugas, persaingan dalam memperlihatkan handphone yang dimiliki, pertentangan memaksa meminjam handphone teman. Disarankan agar anak bisa mentaati peraturan sekolah, pihak sekolah lebih perketat lagi peraturan agar anak tidak membawa handphone dan orang tua memberikan nasehat terhadap anaknya agar tidak memperbolehkan membawa handphone ke sekolah. Kata kunci : Interaksi Sosial, Anak, Handphone