DAYA TARIK TAYANGAN “DR. OZ INDONESIA” DI TRANS TV TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWI FISIP UNIVERSITAS BENGKULU (Dr. OZ Indonesia Episode “Menghitung Siklus Menstruasi”)

Main Author: AJENG AGIDITYA SARA, RADEN
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13753/1/PDF%20RADEN.pdf
http://repository.unib.ac.id/13753/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik tayangan DR.OZ Indonesia terhadap pengetahuan mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu mengenai siklus menstruasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Penelitian dilakukan pada mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling, dengan jumlah responden 100 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif secara parsial antara intensitas menonton terhadap pengetahuan mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu dan terdapat pengaruh positif secara parsial antara daya tarik pembawa acara tayangan DR.OZ terhadap pengetahuan mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu. Selanjutnya hasil penelitian diperkuat dengan analisis uji regresi berganda dengan besar pengaruh 24,5% sedangkan sisanya 75,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan dari hasil uji F diperoleh bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (F hitung = 15,707 > F = 3,09). Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menyatakan bahwa jika F hitung tabel > F tabel maka Hipotesis Kerja (HK) diterima, artinya secara simultan daya tarik tayangan DR.OZ Indonesia memiliki pengaruh terhadap pengetahuan mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu. Hasil penelitian ini juga berhasil menguji Teori Kognitif Bruner sebagai landasan Teori yang digunakan peneliti, bahwa kegiatan belajar akan berjalan dengan baik jika siswa dapat menemukan sendiri suatu aturan atau kesimpulan. Pengamatan terhadap objek (tayangan) yang dilihat memberikan suatu konstribusi dalam membentuk suatu pengetahuan dalam diri manusia. Artinya, antara daya tarik intensitas menonton dan pembawa acara dalam tayangan merupakan komponen penting dan saling berkaitan untuk mempengaruhi mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu dalam pengetahuannya mengenai siklus menstruasi.