THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ PERCEPTION OF CLASSROOM ENVIRONMENT AND STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AT X NATURAL SCIENCE AND SOCIAL SCIENCE CLASSES OF SMAN 2 BENGKULU CITY
Main Authors: | HARYANA, LIA, Syafrizal, Syafrizal, Mutiara hati, gita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13724/1/PDF%20LIA.pdf http://repository.unib.ac.id/13724/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi korelasi antara persepsi siswa terhadap Lingkungan kelas dan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris di kelas X Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Kelas Ilmu Sosial SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode korelasi kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 358 siswa dan sampelnya adalah 106 siswa. Data dari penelitian didapat dengan menggunakan angket. Ada dua jenis angket yang digunakan dalam penelitian ini. Angket pertama untuk mengukur lingkungan kelas diadaptasi dari angket What Is Happening In This Class (WIHIC) dikembangkan oleh Fraser, Fisher & McRobbie (1996). Angket ini terdiri dari 48 item yang dibagi atas 7 bagian, yakni Student Cohesiveness, Teacher Support, Task Orientation, Involvement, Investigation, Cooperation, and Equity. Angket kedua untuk mengukur motivasi siswa diadaptasi dari The I/EMSEL (Intrinsic/Extrinsic Motivation Scale of English Learning) dikembangkan oleh Wang (2008). Angket ini terdiri dari 22 item yang dibagi atas 4 faktor, yakni Motivation for Knowledge, Internal Fulfillment Regulation, Motivation to Challenge, and External Utility Regulation. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara lingkungan kelas dan motivasi siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai rhitung (0.618) yang lebih besar dari rtabel (0.191) pada signifikansi 5%. Ini berarti hipotesi nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara lingkungan kelas dan motivasi siswa. Ini menunjukkan bahwa ada kecenderungan semakin bagus persepsi siswa terhadap lingkungan kelas, semakin tinggi motivasi siswa.