THE EFFECT OF PAIR TAPING IN TEACHING SPEAKING FOR SENIOR HIGH SCHOOL (A Quasi-Experimental Research of the Second Grade Students at SMAN 01 Bengkulu Tengah)

Main Authors: PENI WINDARI, FITRA, Arasuli, Arasuli, Damayanti, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13705/1/pdf%20fitra.pdf
http://repository.unib.ac.id/13705/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh strategi Pair Taping terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 2 di SMA N 01 Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 2 SMA N 01 Bengkulu Tengah. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 71 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, kelas XI Mipa 1 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Mipa 2 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan khusus hanya diberikan kepada kelas eksperimen. Tes awal diberikan kepada kedua kelas sebelum digunakannya strategi Pair Taping. Hasilnya menunjukkan bahwa t-hitung pada tes awal lebih kecil dari pada t-tabel (0.642 < 2.000). Untuk tes-akhir, diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel (6.461 > 2.000). Hal ini mengindikasikan bahwa strategi Pair Taping bisa memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa. Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Pengajaran Berbicara, Pair Taping.