AN ANALYSIS OF TEACHING SCENARIOS DESIGNED BY PUBLIC SENIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS IN BENGKULU TOWN

Main Author: SYAHPUTRA, EKI
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13688/1/Eki%20Syahputra%20A1B012014.pdf
http://repository.unib.ac.id/13688/
Daftar Isi:
  • penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah skenario pengajaran didalam RPP telah dirancang berdasarkan pedoman Permendikbud 2013. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh RPP semester ganjil yang dirancang oleh guru senior bahasa inggris. Sampel berjumlah 45 RPP. Sebagai instrument, data diambil dari pengamatan skenario pengajaran didalam RPP dengan menggunakan checklist. Dari hasil analisis pada skenario pengajaran yang didapat, peneliti menemukan bahwa pada kegiatan awal, langkah yang paling dominan adalah menyiapkan siswa dengan presentase 25.8%; memotivasi siswa dengan presentase 24.4%; explaining the goals of learning dengan persentase 21.3%; extending the scope of material dengan persentase 14.5%; terakhir Asking about pervious material dengan 14%. Pada kegiatan inti, kegiatan yang paling dominan adalah komunikasi dengan persentase 21.4%; asosiasi dengan persentase 21%; mengumpulkan informasi dengan persentase 20.6%; terakhir adalah observasi dan menanyakan dengan persentase 18.5%. pada kegiatan penutup, kegiatan yang paling dominan adalah memberikan tugas dengan persentase 36.4%; memberikan umpan balik dengan persentase 35.5%; menyampaikan rencana pada pertemuan selanjutnya dengan persentase 28.1%; terakhir adalah menemukan manfaat pelajaran dengan persentase 0%. Dapat disimpulkan bahwa skenario pengajaran belum dirancang dengan menerapkan pedoman Permendikbud secara keseluruhan. Ini menunjukkan bahwa guru tidak mengembangkan RPP nya dengan baik. Kata Kunci: Teaching scenario, Public senior high school English teachers