TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA ATAS IKLAN YANG MENYESATKAN KONSUMEN DI BIDANG TELEKOMUNIKASI DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Main Authors: KENCANA, PUTRI RATNA, Sauni, Herawan, Muljono, Slamet
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13684/1/TESIS%20PUTRI%20RATNA%20KENCANA.pdf
http://repository.unib.ac.id/13684/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang dirugikan dalam menggunakan produk iklan penyedia jasa telekomunikasi yang menyesatkan menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlidungan Konsumen dan untuk mengetahui peran pemerintah terhadap tindakan pelaku usaha yang mempromosikan produk iklan penyedia jasa telekomunikasi menyesatkan konsumen dalam periklanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Pertama, pertanggungjawaban pelaku usaha dalam mempromosikan produk iklan penyedia jasa telekomunikasi dapat dipertanggungjawabkan dengan menganti kerugian yang dialami konsumen atas iklan yang menyesatkan serta pelaku usaha juga mendapatkan sanksi administrasi dengan tidak menerbitkan kembali iklan yamng menyesatkan tersebut. Ini merupakan tanggung jawab mutlak (strick liabililty) berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Kedua, peran pemerintah dalam tindakan pelaku usaha yang salah ini, adalah pemerintah memberikan peran dalam hal penyelenggaraan dan pengawasan yang dibantu dengan adanya lembaga-lembag tekhnis yang terkait dibidang telekomunikasi atas iklan yang akan dipromosikan oleh pelaku usaha. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Pelaku Usaha, Iklan Menyesatkan.