IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN 2013 PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN REJANG LEBONG

Main Authors: Resmani, meli, Aminudin, Achmad, Hajar, G. Pramudyasmono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13673/1/Tesis.pdf
http://repository.unib.ac.id/13673/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Pendidikan 2013 pada Sekolah Dasar di Kabupaten Rejang Lebong, dan menemukan faktor faktor yang menghambat pelaksanaan kurikulum Pendidikan 2013 di Kabupaten tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah orang orang kompeten yang mengetahui masalah yang diteliti. Informan dalam penelitian ini meliputi 2 orang Kepala Sekolah SD Negeri, 2 orang Kepala Sekolah SD Swasta. 2 orang Guru Sekolah SD Negeri, dan 2 orang Guru Sekolah SD Swasta serta 2 orang pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong. Teknik pengambilan informan dalam penelitian digunakan metode purposive sampling. Analisis data dalam model ini terdiri dari empat komponen yang saling berinteraksi, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar di Kabupaten Rejang Lebong dalam pelaksanaannya belum maksimal disebabkan karena sarana dan prasana yang masih kurang, anggaran yang kurang, dan kompetensi guru yang masih rendah. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Pendidikan 2013, Sekolah Dasar, Rejang Lebong