Perbedaan Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII dengan Metode Discovery Learningdan Metode Konvensional SMPN 4 Kota Bengkulu tahun Ajaran 2015/2016
Main Authors: | TaufikHeriyanto, TaufikHeriyanto, Hamzah, Syukri, Arifin, Arifin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13634/1/PDF%20TAUFIK.pdf http://repository.unib.ac.id/13634/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi siswa antara metode konvensional dan metode discovery learningdi SMPN 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pre-experimental design, dengan menggunakan desain one-group-pretest-posttest. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes awal dan tes akhir. Tes awal yaitu tes yang dilakukan sebelum memberikan perlakuan oleh peneliti (metode Konvensional) atau pembelajaran sedangkan tes akhir yaitu tes yang dilakukan diberikan perlakuan atau pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode discovery learning. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian dengan menggunakan rumus t-testdiperoleh perhitungan dan temuan pada kemampuan menulis siswa dengan menggunakan metode discovery learning, yaitu nilai rata-rata tes awal yang diperoleh siswa sebesar 73,3 sedangkan nilai rata-rata tes akhir sebesar 79,2, sehingga terdapat rentangan senilai 5,9 pada hasil prestasi belajar siswa. Kata kunci : Perbedaan, Menulis, Metode Konvensional, Metode Discovery Learning