KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU
Main Authors: | AFRIANTI, RIZA, Susetyo, Susetyo, Trianto, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13620/1/SKRIPSI%20RIZA%20AFRIANTI.pdf http://repository.unib.ac.id/13620/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur secara mandiri di kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Kemampuan menulis ini dilihat dari aspek isi/tema, organisasi/struktur teks prosedur, kosakata, penggunaan bahasa, ejaan, kemudian dinilai secara keseluruhan untuk mengetahui kemampuannya. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Intrumen penelitian lembar hasil tes siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Rata-rata kemampuan menulis siswa dari aspek isi/tema adalah 81 (sangat baik), terbagi atas 19 orang termasuk dalam kategori sangat baik dan 11 orang termasuk dalam kategori baik. 2) Rata-rata kemampuan menulis siswa dari aspek organisasi/struktur prosedur adalah 83,4 (sangat baik), terbagi atas 21 orang termasuk dalam kategori sangat baik dan 9 orang termasuk dalam kategori baik. 3) Rata-rata kemampuan menulis siswa dari aspek kosakata adalah 98,05 (sangat baik), terbagi atas 7 orang termasuk dalam kategori sangat baik dan 16 orang termasuk dalam kategori baik, 6 orang termasuk kategori cukup dan 1 orang termasuk kategori kurang. 4) Rata-rata kemampuan menulis siswa dari aspek penggunaan bahasa adalah 71,6 (baik), terbagi atas 12 orang termasuk dalam kategori sangat baik, 15 orang termasuk dalam kategori baik dan 3 orang termasuk kategori cukup. 5) Rata-rata kemampuan menulis siswa dari aspek ejaan adalah 77,83 (baik), terbagi atas: 16 orang termasuk dalam kategori sangat baik, 13 orang termasuk dalam kategori baik, 1 orang termasuk kategori cukup. 6) Rata-rata keseluruhan kemampuan menulis teks prosedur siswa adalah 76.41 (baik), terbagi atas: 9 orang termasuk dalam kategori sangat baik dan 21 orang termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: kemampuan menulis, teks prosedur