PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 ARMA JAYA DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PETA PEMIKIRAN VISUAL (MINDSCAPES

Main Authors: ALI ZULFIKAR, MUHAMMAD, Suhartono, Suhartono, Gumono, Gumono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13601/1/Skripsi%C2%A0Muhammad%C2%A0Ali%C2%A0Zulfikar%20_A1A012071_.pdf
http://repository.unib.ac.id/13601/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai persiapan guru merancang rencana pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran, faktor pendukung, dan penghampat serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerpen Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Arma Jaya Tahun Ajaran 2015/2016 menggunakan peta pemikiran visual (Mindscapes). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dilaksanakan dengan dua kali pertemuan, dan siklus kedua dilaksanakan dengan satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII E sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/1016. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar tes selama tindakan serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, hasil yang didapatkan yaitu kemampuan siswa menulis cerita pendek pada siklus I dengan jumlah siswa yang mendapatkan nilai 75 ke atas atau dinyatakan tuntas hanya berjumlah 15 orang dengan jumlah perolehan nilai rata-rata 79,35 dan jumlah persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 60%. Kemudian pada siklus II, hasil tes dan pengamatan mengalami peningkatan yang sangat baik, yaitu dengan siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 18 siswa dengan 5 siswa yang mendapatkan nilai tertinggi. Pada nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, yaitu dengan nilai rata-rata 81,47 dan persentase 80%. Pada siklus II, kemampuan siswa menulis cerita pendek sudah tercapai dan sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.