PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Apriani, Kartika, Ariesta, Ria, Joko Purwadi, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13593/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/13593/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual dan Intelektual) di kelas VII B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa, instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan dan lembar hasil tes siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan, hasil tes, dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang digunakan adalah (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil analisis ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 38,46% dengan nilai rata-rata 64,61. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 77,69% dengan nilai ratarata 77,50. Berdasarkan data tersebut ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 39,23% dan nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 12,89. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual dan Intelektual) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kels VII B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu