PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MEMBACA SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) SISWA KELAS VII-6 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Fitri, Hayati, Yulistio, Didi, Gumono, Gumono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13583/1/pdf%20fitri.pdf http://repository.unib.ac.id/13583/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan teknik membaca SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) Siswa Kelas VII-6 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-6 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Tempat dan waktu penelitian ini di kelas VII-6 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu pada saat jam pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik tes dan teknik observasi untuk mengetahui nilai rata-rata dan proses aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan bahwa pada siklus I nilai rata-rata sebesar 73,11 dan pada siklus II sebesar 84,48. Teknik membaca SAVI dapat meningkatan proses aktivitas belajar siswa, membaca siswa, kedisplinan siswa, tanggung jawab siswa, sikap santun siswa dan kejujuran siswa dalam mengerjakan alat tes kemampuan membaca pemahaman.