ANALISIS KERJA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI BENGKULU DALAM SUBSTANSI PENGADUAN BIDANG KESEHATAN

Main Author: YULIANTI, HENY
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13562/1/Skripsi%20Heny%20Yulianti%20%28D1D12015%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/13562/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan tugas Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu yang belum dijalankan dengan maksimal khususnya dalam substansi pengaduan bidang kesehatan sehingga masih banyak ditemui permasalahan pelayanan publik bidang kesehatan di Provinsi Bengkulu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan kerja Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu dalam substansi pengaduan bidang kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan informan penelitian yang terdiri dari pihak Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu, masyarakat yang pernah menjadi pelapor dan informan dari intansi terlapor dalam substansi pengaduan bidang kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwa, pelaksanaan pengawasan aktif dan pasif yang merupakan tugas Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu belum dijalankan dengan maksimal. Pada pengawasan aktif, kegiatan inisiatif investigasi belum dijalankan dengan maksimal karena dalam hal ini belum dilakukan upaya penelitian dan monitoring langsung ke lapangan secara periodik serta belum adanya upaya persuasif mendalam kepada instansi terlapor untuk melakukan perbaikan pelayanan kearah yang lebih baik. Sedangkan, pada pengawasan pasif Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu sudah menjalankan tugasnya dengan baik namun tindak lanjut laporan berupa monitoring saran yang telah dikeluarkan belum dilakukan dengan maksimal. Hal tersebut mengakibatkan belum adanya perubahan yang signifikan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik bidang kesehatan di Provinsi Bengkulu.