PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 11 BENGKULU SELATAN

Main Authors: Yenhaini, Yenhaini, Suhartono, Suhartono, Yulistio, Didi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13523/1/TESIS_YENHAINI1.pdf
http://repository.unib.ac.id/13523/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan non tes. sedangkan instrumen yang digunakan lembar observasi pengamatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil proses pembelajaran siklus 1 dengan Nilai rata-rata 77,24 dan tingkat ketuntasan 69,57% termasuk kategori cukup dan meningkat pada proses pembelajaran siklus 2 dengan nilai rata-rata 78,89 dan tingkat ketuntasan 78,26% termasuk kategori baik. Dan siklus 3 nilai rata-rata 87,57 dan tingkat ketuntasan 95,65% termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian siswa dinyatakan sudah berhasil karena sudah mencapai nilai minimal 75 dan skor rata-rata 80 dengan tingkat ketuntasan 85%. Dari hasil pengamatan terhadap siswa kelas VIIIA SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan dalam mengikuti dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual mengalami perubahan kearah positif. Perubahan tersebut ditunjukan dengan prilaku siswa yang lebih serius dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran menulis puisi. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat peningkatan dalam menulisan puisi. Kata kunci: Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual