PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN METODE PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 10 BENGKULU SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Rosmaidah, Rosmaidah, Suhartono, Suhartono, Susetyo, Susetyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13520/1/TESIS%20PDF.pdf
http://repository.unib.ac.id/13520/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan metode peta pikiran pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa nilai hasil tulisan siswa selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis tulisan siswa diketahui bahwa pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode peta pikiran dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa. Peningkatan dapat dilihat dari hasil tulisan siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 64,4 dan meningkat pada proses pembelajaran siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,75. Disimpulkan bahwa pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa. Disarankan agar guru dapat menggunakan metode peta pikiran ini untuk meningkatkan kemampuan menulis khususnya menulis pengalaman pribadi