PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MELALUI MEDIA FLASH CARD DI KELAS X SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Novalia, Resy, Eka Chandra W, Dian, Susetyo, Susetyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13518/1/RESY%20NOVALIA%20%28A2A011030%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/13518/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur kompleks melalui media flash card di Kelas X SMA Negeri 5 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Sosial 2 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu mulai Bulan Februari sampai dengan Bulan Maret 2016 pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Objek penelitian adalah siswa kelas X sosial 2 yang berjumlah 26 siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes menulis teks prosedur kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata siswa. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 84,02 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 76,92 %. Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 87,29 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 96,15 %. Terdapat perubahan sikap yang positif pada siswa dari siklus I ke siklus II. Terbukti bahwa media flash card dinilai berhasil dan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X Sosial 2 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Teks Prosedur Kompleks, Media Flash Card.