PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BUKU HARIAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 7 BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Sugiart, Nita, Suhartono, Suhartono, Eka Chandra W, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13511/1/NITA%20S%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/13511/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis buku harian dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan. Penelitian ini di rancang dengan model penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus yang diawali dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Data penelitian berupa nilai hasil tulisan siswa dan hasil observasi selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian dapat dikemukahkan kemampuan menulis buku harian dengan model pembelajaran kontekstual siswa kelas VII A SMPN 7 Bengkulu Selatan terjadi peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I dengan nilai rata-rata kemampuan menulis buku harian sebesar 71,31 dengan kategori baik, pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 75,62 dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus III dengan nilai rata-rata 80,86 dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa pembelajaran menulis buku harian dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis buku harian siswa. Disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran kontekstual ini untuk meningkatkan kemampuan menulis khususnya menulis buku harian. Kata kunci: Kemampuan, Menulis, Buku Harian, Model Kontekstual.