STRATEGI PENGMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) UNGGULAN DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Agustina, Ria, Almahmudi, Aris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13483/1/skripsi%20ria.pdf http://repository.unib.ac.id/13483/ |
Daftar Isi:
- Peranan usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Bengkulu sangat besar.Hal ini dapadilihat dari besarnya pertumbuhan jumlah UKM di Kota Bengkuludan banyaknya tenagakerja yang diserap.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategyang tepat untuk mengembangkan UKM di Kota Bengkulu.Penelitian ini menggunakandata primer dan sekunder.Data primer diperoleh dari wawancara dan kuisionersedangkan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan sumber lainnya. Alaanalisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Location Quotient (LQ) dan SWOT.Untuk menentukan sektor UKM unggulan di Kota Bengkulu digunakan alat analisisLocation Quotient (LQ) dan untuk menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkasektor UKM unggulan di Kota Bengkulu digunakan alat analisis SWOT. Hasil penelitian menggunakan Location Quotient (LQ), menunjukkan bahwa terdapat 1(satu) sektor UKM unggulan di Kota Bengkulu yaitu sektor perdaganganyang potensiauntuk dikembangkan. Sedangkan hasil analisis dengan menggunakan SWOT menunjukkan bahwa strategi S-O (Strength-Opportunity merupakan strategi yang palingtepat untuk meningkatkan UKM sektor perdagangan di Kota Bengkulu. Kata Kunci : sektor UKM Unggulan, Location Quotient (LQ), SWOT, StrategPengembangan.