PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN BRAND LOYALTY TERHADAP BRAND EQUITY PADA COFFE SHOPS (STUDI PADA KONSUMEN KOPI LUWAK BENGKULU)

Main Authors: Guido HMR, Muhammad, Darmansyah, Darmansyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13421/1/PDF%20edo.pdf
http://repository.unib.ac.id/13421/
Daftar Isi:
  • Saat ini, coffeeshop sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat, terutama masyarakat yang memiliki kebiasaan berkumpul bersama teman atau keluarga dengan memanfaatkan coffeeshop. Coffeshop adalah salah satu tempat berkumpul bersama teman atau keluarga yang menyediakan tempat yang nyaman dan fasilitas yang baik serta kenyamanan yang baik yang ditawarkan oleh coffeshop terutama kedai kopi luwak Bengkulu. Salah satu bentuk coffeeeshop adalah kedai kopi luwak Bengkulu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara ketiga variabel tersebut, yatu brand image,brand trust,brand loyalty terhadap brand equity pada coffeshop di kedai kopi luwak Bengkulu. Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability, yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Tekhnik ini menunjukkan bahwa kriteria sample pada jenis orang tertentu yang dapat memberikan informasi yang di inginkan, apakah karena mereka satu-satunya yang memiliki, atau yang memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan. Oleh karena itu, konsumen yang tidak pernah melakukan pembelian di kedai kopi luwak Bengkulu tidak dapat menjadi responden pada penelitian ini. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data premier,didapatkan dengan cara menyebarkan kuisioner secara manual kepada responden. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan statistic dengan bantuan program spss versi 13 dengan program regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga hipotesis diterima secara statistik, yaitu brand image mempengaruhi brand equity, brand trust mempengaruhi brand equity dan brand loyalty mempengaruhi brand equity. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen yang percaya tentu memberikan kontribusi yang baik untuk kedai kopi luwak Bengkulu, dengan terus melakukan pembelian produk dan merekomendasikan kepada teman maupun kerabat. Dari kualitas informasi, menjadi factor yang sangat berperan pada kemajuan perusahaan. Hal ini dikarenakan semakin berkualitas informasi yang ditampilkan, maka semakin baik persepsi konsumen untuk kedai kopi luwak Bengkulu. Kata kunci: brand images, brand trust, brand loyalty, brand equity