PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMENDI TOKO BUKU GRAMEDIA BENGKULU

Main Authors: Sukma Ningsih, Indarti, Soengkono, Soengkono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13400/1/PDF%20INDARTI.pdf
http://repository.unib.ac.id/13400/
Daftar Isi:
  • Dengan munculnya berbagai toko buku yang ada di kota bengkulu membuat jumlah pengunjung toko buku gramedia bengkulu menurun selama 2 tahun terakhir. untuk dapat memuaskan dan memenuhi keinginan konsumen, sehingga perusahaan dapat menambah konsumen lebih banyak lagi dengan cara melakukan promosi penjualan dan periklanan untuk menarik perhatian konsumen agar konsumen akhirnya memutuskan membeli produk di toko buku gramedia bengkulu. Promosi penjualan adalah berbagai kumpulan alat-alat insentif yang dirancang untuk merangsang pembelian produk secara cepat. Periklanan adalah bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan periklanan secara parsial terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan periklanan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Toko Buku Gramedia Bengkulu dengan objek yang diteliti adalah konsumen Toko Buku Gramedia Bengkulu. Untuk mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis dengan jumlah sampel yang diambil 100 responden dan menggunakan metode accidental sampling. Data yang di gunakan yaitu data primer. Sedangkan dalam pengukuran skala di gunakan skala likert. Kemudian data tersebut di analisa secara kuantitatif dengan alat analisa Regresi Linier Berganda namun sebelumnya di lakukan Uji Validitas (Kesahihan) dan Uji Reliabilitas (Kehandalan). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Y = 0, 373 X1 + 0, 463X2 . hasil Uji Simultan (Uji F) menunjukkan bahwa nilai signifikasnsi sebesar 0,000, maka variabel promosi penjuaan dan periklanan secara bersamaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Buku Gramedia Bengkulu. Hasil Uji t menunjukkan bahwa : (1) promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000. Maka H1 diterima. (2) periklanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai signifikansiny sebesar 0,000. Maka H2 diterima.