PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN PROMOSI TERHADAP DALAM IMPULSE BUYING DALAM PEMBELIAN SECARA ONLINE PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN (Studi pada Mahasiswa)
Main Authors: | Amin, Ambo, Eka Putri, Seprianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13390/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/13390/ |
Daftar Isi:
- Salah satu model saluran belanja yang saat ini sedang menjadi trend dunia adalah menggantikan sistem belanja konvensional yang mengharuskan pembeli datang ke tempat perbelanjaan dengan sistem belanja secara online. Dengan belanja online ini konsumen dipermudah dengan tidak harus mendatangi toko atau tempat perbelanjaan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkannya. Selama terkoneksi dengan internet, konsumen dapat belanja kapan saja dan dimana saja. Konsumen Indonesia saat ini tergolong konsumen yang menginginkan segala sesuatu yang serba instan. Tren serba cepat, serba mudah, baik dari segi pembelian maupun pembayaran serta terjangkaunya harga produk, sehingga membuat konsumen Indonesia cenderung tidak memiliki rencana. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan belanja meskipun bukan untuk kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan pokok tetapi didorong oleh Motivasi belanja hedonis yang didasari oleh dorongan untuk memenuhi kebutuhan psikososial daripada hanya sekedar sebagai usaha untuk memperoleh suatu produk belaka. Banyak orang berbelanja tidak hanya karena keinginan membeli suatu barang tetapi juga karena keinginan untuk memperoleh kesenangan pada saat menelusuri tempat perbelanjaan berkomunikasi dengan orang lain. Kemudian seperti yang kita ketahui apabila didalam sebuah situs belanja online banyak terdapat promosi yang besar-besaran, hal ini yang semakin membuat pola belanja konsumen Indonesia relatif tidak teratur. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dengan Impulse Buying dalam pembelian secara online, Melihat pengaruh Promosi dengan Impulse Buying dalam pembelian secara online. Untuk mencapai tujuan dan membuktikan hipotesis, penulis melakukan penelitian pada mahasiswa, jumlah sampel yang diambil 140 responden. Tehnik pengambilan sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan metode Snowball Sampling. Data yang digunakan adalah data primer, menggunakan kuesioner dengan online survey menggunakan media kwiksurveys.com . Sementara dalam skala pengukuran yang digunakan 5-point skala Likert. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif analisis regresi namun sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Dari hasil analisis maka diperoleh Y=2,987+0,383X 1 +0,283X , Hipotesis pada penelitian ini dapat dibuktikan dari pengujian hipotesis dimana t hitung > t tabel. Nilai t hitung masing-masing variabel yaitu t hitung untuk motivasi belanja hedonis (X 1 ) = 6,471, untuk promosi (X 2 2 ) = 4,727. Nilai t hitung > t tabel sehingga H diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belanja hedonis a dan promosi secara parsial dapat mempengaruhi impulse buying dalam pembelian secara online. Kata kunci : motivasi belanja hedonis, promosi, impulse buying, belanja online