PENGARUH KAPASITAS APARATUR PENATA LAPORAN KEUANGAN, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH, DAN PENERAPAN GOOD GOVERNMENT GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI BENGKULU
Main Authors: | Aprikardo, Tomi, Aprila, Nila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13362/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20TOMI%20APRIKARDO.pdf http://repository.unib.ac.id/13362/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1)Pengaruh kapasitas aparatur penata laporan keuangan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, 2)Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, 3)Pengaruh Pengendalian Intern Pemerintah kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dan 4)Pengaruh penerapan good government governance kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Data yang dipakai adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada PPKSKPD, PPTK, dan Bendahara di instansi/satuan kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 67 responden. Teknik pengumpulan data dengan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner kepada masing-masing responden. Analisis yang digunakan adalah Partial Least square (PLS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kapasitas aparatur penata laporan keuangan, dan Pengendalian Intern Pemerintah berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah (H1 dan H3 diterima), Sementara itu pemanfaatan teknologi informasi dan penerapan good government governance tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. (H2 dan H4 ditolak). Dalam penelitian ini disarankan: 1)Dari hasil penelitian ini, disarankan bagi seluruh instansi pemerintah Provinsi Bengkulu agar dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas para aparatur penata laporan keuangan, pemanfaatan teknologi informasi, pengendalian intern pemerintah, dan meningkatkan penerapan good government governance yang nantinya akan meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah provinsi bengkulu., 2)Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya menggunakan metode wawancara langsung dengan responden, sehingga jawaban responden lebih mencerminkan jawaban yang sebenarnya, 3)Untuk peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti dengan judul yang sama sebaiknya menambahkan dan menggunakan variabel lain. Kata Kunci: Kapasitas Aparatur Penata Laporan Keuangan, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Pengendalian Intern Pemerintah, Penerapan Good Government Governance, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah