PELAKSANAAN PERJANJIAN ANTARA KONSUMEN DENGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DHARMA DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sitorus, J. Diana Sari, Susetyanto, Joko, Edytiawarman, Edytiawarman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13285/1/J%20Diana%20Sari%20Sitorus.pdf http://repository.unib.ac.id/13285/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian antara konsumen dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kota Bengkulu dan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan perjanjian antara Konsumen dan PDAM di Kota Bengkulu.Jenis penelitian adalah hukum empiris dengan tujuan melihat kenyataan langsung di lapangan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan studi hukum dalam tindakan karena penelitian ini menyangkut hubungan timbal balik antara hukum dengan lembaga-lembaga sosial lainya dalam masyarakat. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan pengamatan,wawancara dan studi kepustakaan, kemudian dikelolah dan dilakukan analisis kualitatif, yang kemudian mendeskripsikannya.Berdasarkan hasil penelitian diketahui tidak dilaksanakannya hak dan kewajiban para pihak yang melakukan perjanjian. Apabila terjadi sengketa kedua belah pihak memilih cara musyawarah/mufakat untuk menemukan win-win solution agar kedua belah pihak yang melakukan perjanjian tidak ada yang dirugikan. Adapun hambatan akibat tidak dilaksanakannya hak dan kewajiban para pihak ialah kualitas air yang tidak layak akibat pencemaran, pencatatan tidak dilakukan akibat pegawai yang terbatas, meteran rusak akibat tidak dirawat, banyaknya penunggakan oleh konsumen setiap bulannya. Kata Kunci : Perjanjian, Konsumen, PDAM.