STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 56 KOTA BENGKULU

Main Author: Yarmi, Yarmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13278/1/1.pdf
http://repository.unib.ac.id/13278/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Keterampilan Guru dalam Membuka dan Menutup pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 56 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian guru kelas V SD Negeri 56 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Uji kredibilitas data melalui triangulasi, peningkatan ketekunan, dan perpanjangan pengamatan. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah komponen membuka pelajaran yang meliputi membangkitkan perhatian/minat siswa, menimbulkan motivasi, memberi acuan atau struktur dan menunjukan kaitan belum dilaksanakan oleh guru sedangkan keterampilan guru dalam menutup pelajaran IPS meliputi meninjau kembali pelajaran yang telah dipelajari, mengevaluasi, memberi dorongan psikologi atau sosial dan memberi tindak lajut belum sepenuhnya terlaksana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam membuka dan menutup pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 56 Kota Bengkulu masih kurang optimal. Kata kunci: Keterampilan Guru, Deskriptif, Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran, IPS.