STUDI DESKRIPTIF MENGGAMBAR MOTIF BATIK BESUREK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS IVB SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Yandi, Yandi, Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13276/1/1.pdf http://repository.unib.ac.id/13276/ |
ctrlnum |
13276 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/13276/</relation><title>STUDI DESKRIPTIF MENGGAMBAR MOTIF BATIK BESUREK PADA
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS 
IVB SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU</title><creator>Yandi, Yandi</creator><creator>Hasnawati, Hasnawati</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif dan hasil karya
siswa dalam menggambar motif batik Besurek pada pembelajaran Seni Budaya 
dan Keterampilan di kelas IV B SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian siswa kelas IV B SDN 01
Kota Bengkulu. Instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman wawancara, 
pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan
menggunakan triangulasi teknik obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembuatan karya menggambar motif
batik Besurek terdiri dari 3 langkah, langkah pertama adalah penataan awal yaitu 
persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan. Langkah kedua, pelaksanaan yaitu
membuat motif batik besurek pada kertas gambar dan langkah ketiga yaitu tahap
penyelesaian akhir dengan melakukan penambahan goresan warna pada motif 
batik besurek (2) terdapat 7 karya terbaik dari 28 karya yang dibuat siswa yang
dilihat dan ditinjau berdasarkan unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa.
Kesimpulan dalam penelitian adalah (1) siswa dapat menggambar motif batik
Besurek berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut, mempersiapkan alat dan 
bahan, membuat motif batik besurek dan pewarnaan. (2) Keindahan hasil karya
siswa dapat dilihat berdasarkan unsur-unsur seni rupa yakni titik, garis, bidang,
bentuk, warna, tekstur, gelap terang dan prinsip-prinsip seni rupa yakni kesatuan,
keseimbangan, irama, proporsi, penekanan, keselaran.</description><date>2017-10-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/13276/1/1.pdf</identifier><identifier> Yandi, Yandi and Hasnawati, Hasnawati (2017) STUDI DESKRIPTIF MENGGAMBAR MOTIF BATIK BESUREK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS IVB SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>13276</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Document:Archive Document |
author |
Yandi, Yandi Hasnawati, Hasnawati |
title |
STUDI DESKRIPTIF MENGGAMBAR MOTIF BATIK BESUREK PADA
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS
IVB SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU |
publishDate |
2017 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repository.unib.ac.id/13276/1/1.pdf http://repository.unib.ac.id/13276/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif dan hasil karya
siswa dalam menggambar motif batik Besurek pada pembelajaran Seni Budaya
dan Keterampilan di kelas IV B SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian siswa kelas IV B SDN 01
Kota Bengkulu. Instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman wawancara,
pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan
menggunakan triangulasi teknik obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembuatan karya menggambar motif
batik Besurek terdiri dari 3 langkah, langkah pertama adalah penataan awal yaitu
persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan. Langkah kedua, pelaksanaan yaitu
membuat motif batik besurek pada kertas gambar dan langkah ketiga yaitu tahap
penyelesaian akhir dengan melakukan penambahan goresan warna pada motif
batik besurek (2) terdapat 7 karya terbaik dari 28 karya yang dibuat siswa yang
dilihat dan ditinjau berdasarkan unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa.
Kesimpulan dalam penelitian adalah (1) siswa dapat menggambar motif batik
Besurek berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut, mempersiapkan alat dan
bahan, membuat motif batik besurek dan pewarnaan. (2) Keindahan hasil karya
siswa dapat dilihat berdasarkan unsur-unsur seni rupa yakni titik, garis, bidang,
bentuk, warna, tekstur, gelap terang dan prinsip-prinsip seni rupa yakni kesatuan,
keseimbangan, irama, proporsi, penekanan, keselaran. |
id |
IOS6175.13276 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2018-09-17T09:08:01Z |
last_indexed |
2018-09-17T09:08:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683771151041429504 |
score |
17.538404 |