STUDI DESKRIPTIF MENGGAMBAR MOTIF BATIK BESUREK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS IVB SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Main Authors: Yandi, Yandi, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13276/1/1.pdf
http://repository.unib.ac.id/13276/
ctrlnum 13276
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/13276/</relation><title>STUDI DESKRIPTIF MENGGAMBAR MOTIF BATIK BESUREK PADA&#xD; MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS &#xD; IVB SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU</title><creator>Yandi, Yandi</creator><creator>Hasnawati, Hasnawati</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif dan hasil karya&#xD; siswa dalam menggambar motif batik Besurek pada pembelajaran Seni Budaya &#xD; dan Keterampilan di kelas IV B SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini&#xD; adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian siswa kelas IV B SDN 01&#xD; Kota Bengkulu. Instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman wawancara, &#xD; pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan&#xD; menggunakan triangulasi teknik obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil&#xD; penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembuatan karya menggambar motif&#xD; batik Besurek terdiri dari 3 langkah, langkah pertama adalah penataan awal yaitu &#xD; persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan. Langkah kedua, pelaksanaan yaitu&#xD; membuat motif batik besurek pada kertas gambar dan langkah ketiga yaitu tahap&#xD; penyelesaian akhir dengan melakukan penambahan goresan warna pada motif &#xD; batik besurek (2) terdapat 7 karya terbaik dari 28 karya yang dibuat siswa yang&#xD; dilihat dan ditinjau berdasarkan unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa.&#xD; Kesimpulan dalam penelitian adalah (1) siswa dapat menggambar motif batik&#xD; Besurek berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut, mempersiapkan alat dan &#xD; bahan, membuat motif batik besurek dan pewarnaan. (2) Keindahan hasil karya&#xD; siswa dapat dilihat berdasarkan unsur-unsur seni rupa yakni titik, garis, bidang,&#xD; bentuk, warna, tekstur, gelap terang dan prinsip-prinsip seni rupa yakni kesatuan,&#xD; keseimbangan, irama, proporsi, penekanan, keselaran.</description><date>2017-10-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/13276/1/1.pdf</identifier><identifier> Yandi, Yandi and Hasnawati, Hasnawati (2017) STUDI DESKRIPTIF MENGGAMBAR MOTIF BATIK BESUREK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS IVB SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>13276</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Document:Archive
Document
author Yandi, Yandi
Hasnawati, Hasnawati
title STUDI DESKRIPTIF MENGGAMBAR MOTIF BATIK BESUREK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS IVB SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU
publishDate 2017
topic L Education (General)
url http://repository.unib.ac.id/13276/1/1.pdf
http://repository.unib.ac.id/13276/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif dan hasil karya siswa dalam menggambar motif batik Besurek pada pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas IV B SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian siswa kelas IV B SDN 01 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembuatan karya menggambar motif batik Besurek terdiri dari 3 langkah, langkah pertama adalah penataan awal yaitu persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan. Langkah kedua, pelaksanaan yaitu membuat motif batik besurek pada kertas gambar dan langkah ketiga yaitu tahap penyelesaian akhir dengan melakukan penambahan goresan warna pada motif batik besurek (2) terdapat 7 karya terbaik dari 28 karya yang dibuat siswa yang dilihat dan ditinjau berdasarkan unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa. Kesimpulan dalam penelitian adalah (1) siswa dapat menggambar motif batik Besurek berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut, mempersiapkan alat dan bahan, membuat motif batik besurek dan pewarnaan. (2) Keindahan hasil karya siswa dapat dilihat berdasarkan unsur-unsur seni rupa yakni titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, gelap terang dan prinsip-prinsip seni rupa yakni kesatuan, keseimbangan, irama, proporsi, penekanan, keselaran.
id IOS6175.13276
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:08:01Z
last_indexed 2018-09-17T09:08:01Z
recordtype dc
_version_ 1683771151041429504
score 17.538404