MANFAAT PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENGGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DI KELAS V SD NEGRI 52 KOTA BENGKULU

Main Author: Sutrisno, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13273/1/1.pdf
http://repository.unib.ac.id/13273/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfatan perpustakaan serta mengoptimalkan perpustakaan dan, mengembangkan karakter siswa di kelas V SD N 52 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif tipe deskriptif. Teknik yang dipilih purposive sampling. Informanya adalah wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana dan pustakawati. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data : reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Uji kredibilitasnya dengan perpanjangan pengamatan, meningkatakan ketekunan dan triagulasi. Hasil penelitian menunjukan upaya meningkatkan literasi informasi melalui pendidikan pemakai delakukan dengan ( 1) membangun perpustakaan sekolah (2) menambah koleksi bahan bacaan (3) menghadirkan pustakawati (4) memberikan informasi tentang perpustakaan sekolah, cara menggunakan sumber-sumber, jasa layanan dan tata tertip kepada siswa (5) memberikan jasa layanan membaca, meminjam buku, sehingga karakter yang berkembang : karakter mandiri dan disiplin. Upaya meningkatkan minat baca siswa dilakukan dengan (1) menyediakan bahan bacaan yang bervariasi (2) membentuk komunitas cinta buku (3) wacana pemilihan duta perpustakaan sekolah (4) mengadakan pameran buku (5) menjadiakan ruangan yang bersih, sejuk, rapi dan indah (6) memberikan motivasi (7) tiga pelajaran yang diintergrasikan di perpustakaan sekolah Kata kunci: Deskriptif: Manfaat perpustakaan Sekolah, karakter siswa.