KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR NEGERI 06 KOTA BENGKULU
Main Author: | Novia, Novia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13230/1/1.pdf http://repository.unib.ac.id/13230/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa Indonesia antarsiswa dan antara siswa dengan guru di lingkungan SDN 06 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ialah siswa kelas V. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah penggunaan kesantunan berbahasa verbal dan nonverbal oleh siswa di lingkungan SDN 06 Kota Bengkulu, baik siswa dengan siswa, maupun siswa dengan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, catatan lapangan, teknik wawancara dan teknik rekam. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian mengenai kesantunan berbahasa Indonesia siswa di lingkungan SDN 06 Kota Bengkulu yaitu (1) untuk kesantunan berbahasa antarsiswa ditemukan data percakapan kesantunan berbahasa siswa lebih banyak dibandingkan data percakapan pelanggaran kesantunan berbahasa yaitu, 21 data percakapan yang mengandung maksim kesantunan berbahasa dan 5 data percakapan pelanggaran maksim kesantunan berbahasa, (2) untuk kesantunan berbahasa antara siswa dengan guru ditemukan 7 data percakapan yang mengandung kesantunan berbahasa, dan tidak ditemukan siswa yang melanggar maksim kesantunan berbahasa serta tidak ditemukan siswa yang melawan guru. Semua data percakapan tersebut disimpulkan dengan melihat konteks tuturan yang melatari peristiwa tutur. Kesimpulan dari penelitian ini ialah kesantunan berbahasa antarsiswa dan antara siswa dengan guru menampakan kesantunan berbahasa. Untuk bahasa nonverbal, dalam berbicara siswa menggunakan kesesuaian antara bahasa tubuh dan ucapan (verbal).