PENGEMBANGAN ALAT PERAGA GAYA GESEK BERBASIS MICROSWITCH DALAM PERKULIAHAN FISIKA DASAR I
Main Author: | Refly, Septia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13145/1/SKRIPSI%20SEPTIA%20REFLY.pdf http://repository.unib.ac.id/13145/ |
Daftar Isi:
- Septia Refly (2016) Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek Berbasis Microswitch dalam Perkuliahan Fisika dasar I. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi perlunya pengembangan alat peraga gaya gesek berbasis microswitch dalam perkuliahan Fisika Dasar I, (2) menghasilkan alat peraga gaya gesek berbasis microswitch, (3) menguji pengaruh penggunaan alat peraga gaya gesek berbasis microswitch terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi gaya gesek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari 9 tahap. Uji pemakaian alat peraga dilakukan pada mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Fisika Tahun Akademik 2016/2017. Uji pengaruh alat peraga gaya gesek berbasis microswitch menggunakan Pre-experimental design, one group pretest posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) alat peraga gaya gesek berbasis microswitch perlu dikembangkan, (2) alat peraga gaya gesek yang dihasilkan dapat menghitung nilai koefisien gesek statis dan kinetis dua permukaan benda yang berbeda tingkat kekasarannya sebanyak enam belas percobaan, dua belas percobaan mendekati hasil yang terdapat di literatur. Desain alat peraga berada pada kategori sangat layak dari ketiga panelis dengan skor rata-rata 4,6 sampai dengan 5,0, persentase agreement dari ketiga panelis berada pada kategori hampir sempurna (89 %). Alat peraga yang dikembangkan sesuai dengan aspek pengembangan menurut Kemendikbud. Tanggapan mahasiswa terhadap alat peraga gaya gsek berbasis microswitch dan penuntun praktikum berada pada kategori baik, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga gaya gesek berbasis microswitch. Nilai rata-rata postest mahasiswa lebih besar dibandingkan nilai rata-rata pretest (69,19 > 35,5). Pengaruh penggunaan alat peraga gaya gesek terhadap hasil belajar mahasiswa diketahui dari nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 (13,47 > 1,708). Kata kunci: Pengembangan alat peraga gaya gesek, microswitch, hasil belajar.