PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELAS 1 YANG BERLATAR BELAKANG TK DAN NON TK DI MIN KEMBANG TANJUNG KAB. SELUMA
Main Author: | NOFRIZAH, TARRY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13137/1/SKRIPSI%20OKE.pdf http://repository.unib.ac.id/13137/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perbedaan kemampuan membaca anak kelas 1 yang berlatar belakang TK dan non TK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang perbedaan kemampuan membaca anak kelas 1 yang berlatar belakang TK dan non TK. Penelitian ini dilakukan di MIN Kembang Tanjung Kab. Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas 1 di MIN Kembang Tanjung Kab. Seluma tahun ajaran 2015/2016 yang berlatar belakang TK dan non TK yaitu sebanyak 28 anak. Data tentang kemampuan membaca anak yang berlatar belakang TK dan non TK di peroleh melalui test membaca dan di analisis dengan teknik persentase. Untuk menghitung perbedaaan antara kemampuan membaca anak yang berlatar belakang TK dengan kemampuan membaca anak yang berlatar belakang non TK , penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat dilihat dari rata-rata hasil kemampuan membaca yang berlatar belakang TK 72,14 dan yang berlatar belakang non TK 59,28. Hasil analisis Chi Square terhadap hasil diperoleh x 2 hitung > x 2 tabel (3,948 > 7,815) pada α=0,05 dengan df=3, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan membaca yang signifikan antara anak yang berlatar belakang TK dengan anak yang berlatar belakang non TK di kelas 1 MIN Kembang Tanjung Kab. Seluma. Anak yang berlatar belakang TK kemampuan membacanya lebih baik dari pada anak yang berlatar belakang non TK. Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Anak Berlatar Belakang TK, Anak Berlatar Belakang Non TK.