FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BROILER DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Irawan, Utarie Septiani, Suherman, Dadang, Setianto, Johan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13134/1/SKRIPSI%20UTARIE.pdf http://repository.unib.ac.id/13134/ |
Daftar Isi:
- Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi, juga ikut mempengaruhi peningkatan jumlah permintaan serta kebutuhan akan bahan makanan yang memiliki nilai protein yang tinggi. Salah satu bahan makanan yang mengandung protein hewani berasal dari ayam yaitu berupa daging. Pasar tradisional yang tersebar di setiap daerah di Kota Bengkulu dapat dipastikan terdapat penjual yang menawarkan daging ayam broiler atau yang lebih dikenal masyarakat dengan daging ayam potong. Selain di pasar tradisional, daging ayam broiler juga tersedia di pasar modern (Supermarket) yang ada di Kota Bengkulu. Berbagai dasar pertimbangan yang menjadi alasan konsumen melakukan pembelian di pasar tradisional dan pasar modern, karena adanya perbedaan latar belakang seperti tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jumlah anggota keluarga, umur, selera dan harga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pembelian broiler di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jumlah responden yang terdapat pada pasar tradisional dan pasar modern masing-masing adalah 30 responden. Variabel yang diamati pada penelitian ini meliputi umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, jumlah keluarga, selera, jangka waktu pemebelian dan jumlah pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian daging ayam broiler di pasar tradisional kota Bengkulu tidak dipengaruhi oleh variabel umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, jumlah anggota keluarga, selera dan jangka waktu pembelian dengan dasar melakukan tawar menawar serta lokasi yang dekat. Keputusan pembelian daging ayam broiler di pasar modern kota Bengkulu dipengaruhi oleh selera dengan dasar berbelanja kebutuhan lainnya. (Program Studi Peternakan, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu)