INTERVENSI TERHADAP ANAK HIPERAKTIF DENGAN BERMAIN KONSTRUKTIF (Studi Single Subject Research di PAUD IT Aula Duna Kota Bengkulu)

Main Author: Dewi, Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13113/1/SKRIPSI%20INTERVENSI%20PADA%20ANAK%20HIPERAKTIF%20DENGAN%20BERMAIN%20KONSTRUKTIF%20-%20Copy.pdf
http://repository.unib.ac.id/13113/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana intervensi terhadap anak hiperaktif dengan bermain konstruktif di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan intervensi terhadap anak hiperaktif dengan bermain konstruktif. Pendekatan penelitian ini adalah Studi Single Subject Research teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah FA berumur 5 tahun yang berada di kelas B PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu yang mengalami hiperaktif. Teknik analisis data meliputi deskripsi gambaran yang diperoleh dari analisa grafik dan proses observasi ratting scale berdasarkan pengukuran perilaku, Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) Intervensi terhadap anak hiperaktif dengan bermain konstruktif di PAUD IT Auladuna dilakukan dengan permainan lego, puzzle dan menggambar imajinatif guna merangsang konsentrasi anak. Intervensi dilakukan melalui fase ABA yaitu: (1) fase A1 observasi dan wawancara, (2) fase B1 intervensi dan fase A2 dan (3) observasi akhir; b) intervensi terhadap anak hiperaktif dengan bermain konstruktif, konsentrasi anak hiperaktif setelah diberi intervensi mulai membaik sedikit demi sedikit. Tingkat kemajuan konsentrasi anak akan pesat ketika permainan yang diberikan sesuai dengan minat anak. Kata kunci: Anak Hiperaktif, Intervensi Bermain Konstruktif