PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI PAUD (Studi Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Se-Kota Bengkulu)

Main Author: Triani, Lili
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13088/1/SKRIPSI%20OKE.pdf
http://repository.unib.ac.id/13088/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memfokuskan pada masalah peran guru kelas dan guru pembimbing khusus dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di PAUD se – Kota Bengkulu. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran guru kelas dan peran guru pembimbing khusus dalam pelaksanaan pendidikan inklusi. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan jenis survey. Subjek penelitian ini sebanyak 16 orang guru yang terdiri dari 10 orang guru kelas dan 6 orang guru pembimbing khusus di PAUD yang menyelenggarakan pendidikan inklusi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket tidak terstruktur. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah rata – rata sebanyak 87% guru sudah Sangat Baik perannya dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di PAUD se – Kota Bengkulu. Dalam hasil penelitian ini direkomendasikan bagi lembaga PAUD untuk memperhatikan peran guru pembimbing khusus dalam melaksanakan tugas – tugas pada peran mengajar kompensasif dan pembinaan komunikasi anak berkelaianan. Kata Kunci : Peran guru kelas, Peran guru Pembimbing Khusus, Pendidikan Inklusi