DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL - SOAL LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 TALANG EMPAT

Main Authors: Setiawan, Rengga, Maulidiya, Della
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12993/1/Rengga%20Setiawan_A1C012054.pdf
http://repository.unib.ac.id/12993/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran kelas VIII SMP Negeri 1 Talang Empat. (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesikan soal-soal lingkaran kelas VIII SMP Negeri 1 Talang Empat. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIII F SMP Negeri 1 Talang Empat. Data diproses melalui tes diagnostik dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran sebagai berikut: a) Salah dalam menentukan sudut keliling suatu lingkaran sebanyak 18 siswa (94,73%); b) Salah dalam menentukan sudut pusat suatu lingkaran sebannyak 17 siswa (89,47%); c) Salah dalam menggunakan rumus untuk mencari besar sudut keliling dan sudut pusat lingkaran sebanyak 19 siswa (100%); d) Salah dalam operasi hitung matematika sebanyak 18 siswa (94,73%); dan e) Salah dalam menggunakan rumus untuk mencari panjang busur, luas juring dan luas tembereng sebannyak 8 siswa (42,10%). (2) Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesikan soalsoal lingkaran sebagai berikut: a) Belum memahami konsep pada materi lingkaran sebannyak 18 siswa (94,73%); b) Kurang teliti dalam perhitungan matematika sebanyak 18 siswa (94,73%); c) Menebak-nebak jawaban sebanyak 3 siswa (15,78%); dan d) Tidak menguasai materi prasyarat sebanyak 18 siswa (94,73%). Kata kunci: Diagnosis, Kesalahan, Lingkaran.