GAYA KOMUNIKASI GURU-MURID DALAM MEMBERIKA PEMAHAMAN PARTITUR DI KURSUS MUSIK ( Studi pada Gio Music Course Kota Bengkulu)
Main Author: | Armando, Riko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12985/1/Skripsi%20Riko%20Armando.pdf http://repository.unib.ac.id/12985/ |
Daftar Isi:
- Kesenian dalam perkembangannya sudah menjadi bagian dari kehidupan. Secara umum, kemampuan berkesenian telah dimiliki setiap manusia sejak lahir, termasuk musik. Musik berkembang dalam media atau alat musik itu sendiri. Memainkan alat musik pun tidak dapat dimainkan secara mudah, untuk itu butuh pembelajaran yang lebih dalam memainkan alat musik tersebut. Gio Music Course, salah satu lembaga yang ada di Kota Bengkulu. Secara umum tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi guru - murid dalam memberikan pemahaman partitur di kursus musik. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teori S-O-R serta di dukung teori yang dikemukakan oleh Koller dan Kettler. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan murid di Gio Music Course. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dokumentasi dan jurnal penelitian. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan. Dan berdasarkan hasil analisis data diperoleh beberapa kesimpulan bahwa gaya komunikasi yang digunakan gurumurid di Gio Music Course adalah The Equalitarian Style. Gaya komunikasi tersebut menjadi cara guru-murid untuk melatih kepekaan auditif, memberi pengalaman praktik dan merangsang kreativitas.