PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN DI KELAS VII SMP N 1 PONDOK KELAPA
Main Author: | DARMA SIMORANGKIR, MESTIKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12979/1/SKRIPSI%20Mestika%20Darma%20Simorangkir.pdf http://repository.unib.ac.id/12979/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VII.B.Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Pondok Kelapa tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang menggunakan alur penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.B yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika materi bilangan bulat dan pecahan denga menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, LKS, tes akhir siklus, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII.B SMP N 1 Pondok Kelapa pada materi bilangan bulat dan pecahan dapat disimpulkan bahwa : (1) Pembelajaran pada siklus I, siklus II, dan siklus III dari tahap persiapan, presentasi guru, kegiatan kelompok, presentasi kelompok, dan evaluasi secara umum sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP. (2) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada presentase siklus I terdiri rata-rata 21 (cukup aktif) , siklus II terdiri rata-rata 24 (aktif) dan siklus III terdiri rata-rata 27 (aktif). (3) Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu :65; 71; 78 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 50%; 60%; 78% . KataKunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.