FENOMENA SELEBRITY ENDORSER INSTAGRAM DI KOTA BENGKULU (Studi Dramaturgi pada Selebgram di Kota Bengkulu)
Main Author: | anggraini, nova |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12971/1/Skripsi%20NOVA%20ANGGRAINI.pdf http://repository.unib.ac.id/12971/ |
Daftar Isi:
- Selebgram merupakan sebutan bagi para mereka yang dipercaya untuk membawakan produk-produk yang dijual secara online melalui akun Instagram. Mereka tidak selalu seseorang yang terkenal melalui dunia entertaiment, meski ada beberapa artis papan atas yang mau menerima tawaran untuk menjadi endorser. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui panggung depan dan panggung belakang yang dibuat oleh selebgram di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dekriptif dengan menggunakan studi Dramaturgi yaitu peneliti akan melihat panggung depan yakni hasil postingan selebgram tersebut dan panggung belakang akan melihat bagaimana kesehariannya dituntut untuk menampilkan sisi selebgram endorser. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada informan. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data ini meliputi pengumpulan data dan reduksi data. Uji keabsahan data meliputi triangulasi data. Berdasarkan hasil wawancara dapat dikatakan bahwa selebgram di kota bengkulu ini sudah banyak yang memenuhi kriteria yang dibuat oleh online shop yakni memiliki jumlah followers yang banyak dan setiap postingannya mendapatkan jumlah like yang banyak.