ANALISIS POLA KOMUNIKASI PEMAIN GAME ONLINE DOTA 2 DI WARNET SONIX GAME CENTER BENGKULU
Main Author: | PATRI AKBAR, FIGHTER |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12952/1/ANALISIS%20POLA%20KOMUNIKASI%20PEMAIN%20GAME%20ONLINE%20DOTA%202%20DI%20WARNET%20SONIX%20GAME%20CENTER%20BENGKULU.pdf http://repository.unib.ac.id/12952/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi antar pemain Game Online DOTA 2 di warnet Sonix Game Center Bengkulu, serta proses terbentuknya Pola Komunikasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Wawancara dilakukan kepada beberapa informan yang merupakan pemain Game Online DOTA 2 di warnet Sonix Game Center Bengkulu dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam pemilihan informan tersebut. Observasi dilakukan secara partisipatif dimana peneliti juga ikut bermain Game Online DOTA 2 di tempat penelitian, serta studi pustaka yang berhubungan dengan Komunikasi Kelompok. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pola Komunikasi yang sangat sering terjadi antar pemain Game Online DOTA 2 di warnet Sonix Game Center Bengkulu adalah Pola Komunikasi Semua Saluran dan Pola Komunikasi Lingkaran, sedangkan proses terbentuknya Pola Komunikasi tersebut yaitu secara sirkular karena bersifat komunikasi timbalbalik dan adanya pergantian antara komunikator dan komunikan. Komunikasi yang terjadi tidak terlepas dari penggunaan bahasa verbal yang kasar, sehingga saran dari peneliti agar pemain Game Online DOTA 2 mengurangi penggunaan bahasa verbal yang kasar tersebut karena komunikasi di dunia online akan mempengaruhi komunikasi mereka di dunia nyata. Penggunaan bahasa verbal yang kasar dapat mengurangi keefektifitasan dalam berkomunikasi, karena pesan dengan menggunakan bahasa verbal yang kasar akan menimbulkan kesalahan persepsi di saat pesan tersebut diterima oleh si penerima pesan.