PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA MTs N 2 KOTA BENGKULU
Main Author: | Inggar Pujiantoro, Anik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12933/1/SKRIPSI%20ANIK%20INGGAR%20PUJIANTORO.pdf http://repository.unib.ac.id/12933/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajarmatematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran strategi pembelajaranprobing prompting lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa menggunakan ekspositori di kelas VII MTs N 2 Kota Bengkulu. Pada pokok bahasan BilanganBulat. Jenis penelitian ini adalah quasy esperiment (eksperimen semu). Populas dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N 2 Kota Bengkulu tahunpelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan menggunakan teknik randomsampling sederhana sehingga diperoleh kelas VII sebagai kelas eksperimendengan model pembelajaran Probing Prompting VII A sebagai kelas kontrodengan model pembelajaran ekspositori, serta kelas VIII C sebagai kelas ujicobaPengambilan data penelitian dengan menggunakan instrumen pre test (tes untuk G menentukan sampel) dan instrumen post test (tes hasil belajar). Instrumenpenelitian telah di validasi oleh Ahli. Instrumen post test di ujicobakan di kelas ujicoba, lalu dilakukan analisis dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji TarafKesukaran dan Uji Daya Beda Soal untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikan soal post test. Hasil post test menunjukkan kelas eksperimen denganjumlah siswa 30 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 78,44 danvariansi 87,54. Sedangkan kelas kontrol dengan 30 siswa, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 62,55 dan variansi 141,80. Uji prasyarat analisis denganmenggunakan uji t untuk sampel independen, karena memenuhi normalitas danhomogenitas, dan diperoleh � ������ = 1,83 dan � = 1,67, dengan kata lain� ������ > � ��� maka H 0 ��� ditolak. sehingga, kesimpulan menunjukkan rata-ratahasil belajar siswa menggunakan Probing Prompting lebih baik dari rata-rata hasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Ekspositori di kelas VII MTs N 2Kota Bengkulu.