UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL SIKLUS BELAJAR TIPE ABDUKTIF EMPIRIS BERBANTU ANIMASI PADA KONSEP GLBB DI KELAS X.5 SMA N 03 BENGKULU TENGAH

Main Authors: Habibie, Riza, Medriati, Rosane
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12930/1/SKRIPSI%20UPAYA%20MENINGKATKAN%20AKTIVITAS%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20FISIKA%20SISWA%20DENGAN%20PEMBELAJARAN%20MODEL%20SIKLUS%20BELAJAR%20TIPE%20ABDUKTIF%20EMPIRIS%20BERBANTU%20ANIMASI%20PADA%20KONSEP%20GLBB%20DI%20KELAS%20X.5%20SMA%20N%2003%20BE%20-%20Copy.pdf
http://repository.unib.ac.id/12930/
Daftar Isi:
  • Riza Habibie. 2016. Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan pembelajaran model siklus belajar tipe abduktif empiris berbantu animasi pada konsep GLBB dikelas x.5 sma n 03 Bengkulu Tengah. Skripsi. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu, November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan peningkatan 1) aktivitas belajar fisika siswa dengan model siklus belajar tipe abduktif empiris berbantu animasi. 2) hasil belajar fisika siswa dengan model siklus belajar tipe abduktif empiris berbantu animasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor (66,66) dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor (83,33) dengan kriteria cukup, dan siklus III memperoleh skor (93,33) dengan kriteria baik. 2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari aspek kognitif. Nilai aspek kognitif siswa pada siklus I memperoleh daya serap (60 %), dan ketuntasan belajar (65,33%). Pada siklus II memperoleh daya serap (86,67%), dan ketuntasan belajar (74,4%). Pada siklus III memperoleh daya serap (90%), dan ketuntasan belajar (76,87%). Kesimpulan yang diperoleh bahwa model siklus belajar tipe abduktif empiris berbantu animasi pada GLBB dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Siklus Belajar Abduktif Empiris, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar