PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KOGNITIF TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA DI SMA NEGERI 03 KOTA BENGKULU
Main Author: | Septiyanti, Amelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12893/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/12893/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik reframing dalam meningkatkan harga diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain one group pre-test post-test. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu dengan jumlah 31 siswa sebagai responden dan subjek eksperimen berjumlah 7 orang yang dipilih berdasarkan hasil angket yang telah diberikan. Teknik pengambilan sampel penelitian yaitu menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket harga diri. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan harga diri siswa meningkat setelah diberikan konseling kelompok teknik peran reframing. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan pre-test dan post-test harga diri siswa dengan nilai Z=-2,366 dan nilai p=0,018, maka nilai p<0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya pelaksanaan konseling kelompok teknik reframing dapat meningkatkan harga diri siswa. Kata kunci : Harga diri, kognitif, teknik reframing, konseling kelompok,