ANALISIS HARGA, GAYA HIDUP DAN IKLAN TERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU NIKE (Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bengkulu)
Main Authors: | Putri Dinanti, Nindea, Salim, Muhartini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12860/1/PDF%20SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/12860/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Universitas Bengkulu, dengan objek yang diteliti adalah mahasiswa Universitas Bengkulu. Berdasarkan pengamatan peneliti, saat ini produk sepatu Nike sedang banyak digunakan oleh anak muda khususnya mahasiswa Universitas Bengkulu. Produk sepatu Nike yang biasanya hanya dipakai untuk kegiatan atau aktivitas olahraga, namun saat ini juga digunakan untuk berbagai macam aktivitas salah satunya adalah pergi kuliah. Walaupun harga produk sepatu Nike relatif mahal konsumen rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan produk sepatu Nike ini untuk memenuhi kepuasan pribadi yaitu gaya hidup. Hal ini juga didukung oleh munculnya Sport Station yang menjual berbagai macam produk sepatu Nike yang memudahkan konsumen untuk menemukan produk tersebut. Selain itu, sering munculnya iklan produk sepatu Nike juga mendorong mereka untuk membeli produk tersebut. Harga menurut Kotler & Armstrong (2004) adalah sejumlah uang yang ditukarkan untuk sebuah produk atau jasa. Gaya hidup didefinisikan sebagai pola dimana orang hidup dan menggunakan uang dan waktunya (Engel et all, 2001). Iklan merupakan cara yang berbiaya efektif guna menyebarkan pesan, entah untuk membangun preferensi merek atau untuk mendidik orang (Kotler & Keller, 2007). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, gaya hidup dan iklan secara parsial terhadap keputusan pembelian serta untuk mengetahui pengaruh harga, gaya hidup dan iklan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk sepatu Nike. Untuk mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis maka penulis melakukan penelitian di Universitas Bengkulu, dengan jumlah sampel yang diambil 100 responden. Data yang digunakan yaitu data pengukuran skala, digunakan skala likert 5 point. Kemudian data tersebut dianalisis secara kuantitatif dengan alat analisis Regresi Linier Berganda namun sebelumnya dilakukan Uji Validitas (kesahihan) dan Uji Reabilitas (kehandalan). Dari hasil analisis maka diperoleh Y = 0,675X 1 + 0,151X 2 + 0,039X hipotesis pada penelitian ini dapat dibuktikan dari pengujian hipotesis, dimana hasil uji F diperoleh 3 nilai signifikansinya sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05). Maka H4 diterima. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansinya untuk masing-masing variabel yaitu harga (X1) = 0,000 (lebih kecil dari 0,05), gaya hidup (X2) = 0,064 (lebih besar dari 0,05), dan iklan (X3) = 0,674 (lebih besar dari 0,05). Maka H1 diterima dan H2, H3 ditolak. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel harga, gaya hidup dan iklan secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Universitas Bengkulu dan secara parsial hanya variabel harga yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Universitas Bengkulu.