FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING PADA PRODUK FASHION DI MATAHARI DEPARTMENT STORE KOTA BENGKULU
Main Authors: | Gemilang Ichwan Putra, M., Eka Putri, Seprianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12834/1/SKRIPSI%20M%20GEMILANG%20ICHWAN%20P%20NPM%20C1B011127.pdf http://repository.unib.ac.id/12834/ |
Daftar Isi:
- Seprianti Eka Putri RINGKASAN 2) Produk pakaian bermutu yang trendi dan mengikuti perkembangan mode dipastikan hadir di Matahari Department Store. Tujuannya, tak lain adalah untuk meningkatkan gaya hidup masyarakat agar bisa tampil semakin lebih baik dalam berbusana. Dalam melakukan impulse buying akan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti shopping lifestyle, fashion involvement dan sales promotion. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement, dan sales promotion secara bersama-sama terhadap impulse buying. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, sumber data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 orang pengunjung Matahari departemen store kota Bengkulu. Analisis menggunakan model regresi linier berganda. Dari pengolahan data diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara dimensi shopping lifestyle, fashion involvement dan sales promotion terhadap impulse buying pada produk fashion di Matahari departemen store. Berdasarkan hasil analisa regresi berganda diperolah persamaan regresi yaitu Y = 0,379 X 1 + 0,057X 2 + 0,311X Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan. Nilai nilai signifikansi variabel shoping lifestyle sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa shopping lifestyle berpengaruh positif terhadap impulse buying pada produk fashion Matahari departemen store, nilai signifikansi variabel fashion involvement sebesar 0,536 lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa fashion involvemen tidak berpengaruh impulse buying pada produk fashion Matahari departemen store dan nilai signifikansi variabel sales promotion sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa sales promotion berpengaruh positif terhadap impulse buying pada produk fashion Matahari departemen store. Hasil uji F diketahui nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel shopping lifestyle, fashion involvement, sales promotion berpengaruh positif terhadap impulse buying pada produk fashion Matahari departemen store. 3. Hasil penelitian bahwa shopping lifestyle berpengaruh terhadap impulse buying pada produk fashion Matahari departemen store. Hasil analisis deskriptif dapat dijelaskan secara keseluruhan rata-rata responden memberikan penilaian yang cukup baik terhadap variabel shopping lifestyle. Hal ini menunjukkan bahwa shopping lifestyle dapat mempengaruhi pelanggan dalam melakukan impulse buying. Fashion involvement tidak berpengaruh terhadap impulse buying pada produk fashion Matahari departemen store, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dari para pengunjung terhadap produk fashion terbaru yang ada di Matahari departemen store karena kebanyakan frekuensi responden datang ke Matahari hanya satu bulan sekali. Sales promotion berpengaruh terhadap impulse buying pada produk fashion Matahari departemen store. Sales promotion yang ditawarkan oleh Matahari departemen store seperti pemberian discount pada pelanggan yang memiliki card Matahari, promosi buy 2 get 1 free, pemberian cash back berupa voucer Rp. 50.000 untuk pembelian Rp. 150.000 yang dapat menciptakan impulse buying terhadap pembelian fashion di Matahari departemen store. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dikemukakan saran : 1) memperhatikan beragam model produk fashionnya dan terus mengukuti perkembangan mode fashion terbaru agar produknya mampu menarik perhatian para pelanggan, 2) memasang TV LCD di pintu masuk dan menayangkan iklan mengenai produk fashion terbaru yang ada di Matahari departemen store, 3) melakukan pemberitahuan adanya program cash back ini melalui media cetak seperti koran, brosur dan banner