PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA PERUSAHAAN,BIAYA BERALIH DAN KEPERCAYAAN MEREKTERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU PRABAYARSIMPATI DI KOTA BENGKULU

Main Authors: Aziz, Hapiz, Soengkono, Soengkono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12819/1/Skripsi%20Hapiz%20Aziz.pdf
http://repository.unib.ac.id/12819/
ctrlnum 12819
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/12819/</relation><title>PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA PERUSAHAAN,BIAYA BERALIH DAN KEPERCAYAAN MEREKTERHADAP LOYALITAS &#xD; PELANGGAN KARTU PRABAYARSIMPATI DI KOTA BENGKULU</title><creator>Aziz, Hapiz</creator><creator>Soengkono, Soengkono</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><description>Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen pengguna kartu prabayar simpati di Kota Bengkulu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra perusahaan, biaya beralih dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan kartu prabayar simpati di Kota Bengkulu. Hal yang melatar belakangi penelitian ini yaitu ingin mengetahui tanggapan konsumen terhadap kualitas produk kartu simpati, bagaimana citra atau tanggapan konsumen terhadap perusahaan Telkomsel, ingin mengetahui fungsi biaya beralih dan fungsi kepercayaan merek dari konsumen terhadap merek kartu prabayar simpati. Untuk mengetahui hasil dari penelitian ini, maka data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer, dengan menggunakan teknik penyebaran kuisioner secara online, yang penyebarannya melalui facebook dan blackberry messenger. Sebanyak 138 responden yang dapat digunakan untuk dianalisis. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, yaitu purposive sampling yang merupakan metode pengambilan data hanya pada orang tertentu, yaitu pengguna Simpati . Untuk mengukur pernyataan yang didapat dari kuisioner penelitian ini menggunakan skala likert. Pada pengujian hipotesisnya menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linier berganda. Penyebaran kuesioner selama satu bulan, yaitu tanggal 07 September-06 Oktober 2015. Pada kuesioner penelitian terdapat pertanyaan awal yang menyangkut dengan apakah responden pengguna atau bukan kartu prabayar Simpati, dilanjutkan dengan pertanyaan menyangkut demografi dan memberikan tanggapan mengenai pernyataan indikator dalam penelitian ini yang disajikan dalam bentuk pernyataan tertutup. Berdasarkan informasi yang diperoleh menunjukan bahwa mayoritas pengguna kartu prabayar Simpati adalah perempuan. Hal ini dikarenakan perempuan dalam aktifitasnya lebih aktif menggunakan seluler dan tertarik dengan Simpati karena fitur yang ditawarkan sesuai dengan keinginan mereka seperti halnya koneksi internet Simpati yang cepat. Pengguna Simpati mayoritas pada rentang usia 26-35 tahun, dan pada tingkat pendidikan yaitu sarjana. Mayoritas pekerjaan responden adalah wiraswasta dengan tingkat pendapatan &gt;Rp. 1.500.000. Selain itu, data yang diperoleh menunjukan bahwa mayoritas responden telah menggunakan Simpati lebih dari 6 bulan sampai sama dengan atau lebih dari 1 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kualitas produk, citra perusahaan, biaya beralih dan kepercayaan merek memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan kartu prabayar Simpati baik secara parsial maupun simultan. Ini menunjukan bahwa konsumen cenderung menggunakan produk yang berkualitas seperti kartu prabayar Simpati. Mereka percaya kualitas Simpati lebih baik dibandingkan dengan kartu prabayar merek lainya. Citra perusahaan Telkomsel di anggap baik oleh konsumen, konsumen lebih percaya pada perusahaan yang bercitra baik dan tentunya mempengaruhi konsumen dalam membeli dan menggunakan produk perusahaan. Dengan kualitas produk dan citra perusahaan yang baik tentunya meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek Simpati. Konsumen juga memperhatikan biaya beralih yang didapat ketika ingin berpindah pada kartu seluler lain, biaya yang timbul tidak hanya biaya finansial, tetapi juga biaya psikologis dan sebagainya. Hal ini juga yang membuat tidak ingin beralih dan tetap setia pada kartu prabayar Simpati. &#xD; Kata kunci : Kualitas Produk, Citra Perusahaan, Biaya Beralih, Kepercayaan Merek, dan Loyalitas Pelanggan.</description><date>2016-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/12819/1/Skripsi%20Hapiz%20Aziz.pdf</identifier><identifier> Aziz, Hapiz and Soengkono, Soengkono (2016) PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA PERUSAHAAN,BIAYA BERALIH DAN KEPERCAYAAN MEREKTERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU PRABAYARSIMPATI DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>12819</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Document:Archive
Document
author Aziz, Hapiz
Soengkono, Soengkono
title PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA PERUSAHAAN,BIAYA BERALIH DAN KEPERCAYAAN MEREKTERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU PRABAYARSIMPATI DI KOTA BENGKULU
publishDate 2016
topic H Social Sciences (General)
url http://repository.unib.ac.id/12819/1/Skripsi%20Hapiz%20Aziz.pdf
http://repository.unib.ac.id/12819/
contents Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen pengguna kartu prabayar simpati di Kota Bengkulu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra perusahaan, biaya beralih dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan kartu prabayar simpati di Kota Bengkulu. Hal yang melatar belakangi penelitian ini yaitu ingin mengetahui tanggapan konsumen terhadap kualitas produk kartu simpati, bagaimana citra atau tanggapan konsumen terhadap perusahaan Telkomsel, ingin mengetahui fungsi biaya beralih dan fungsi kepercayaan merek dari konsumen terhadap merek kartu prabayar simpati. Untuk mengetahui hasil dari penelitian ini, maka data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer, dengan menggunakan teknik penyebaran kuisioner secara online, yang penyebarannya melalui facebook dan blackberry messenger. Sebanyak 138 responden yang dapat digunakan untuk dianalisis. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, yaitu purposive sampling yang merupakan metode pengambilan data hanya pada orang tertentu, yaitu pengguna Simpati . Untuk mengukur pernyataan yang didapat dari kuisioner penelitian ini menggunakan skala likert. Pada pengujian hipotesisnya menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linier berganda. Penyebaran kuesioner selama satu bulan, yaitu tanggal 07 September-06 Oktober 2015. Pada kuesioner penelitian terdapat pertanyaan awal yang menyangkut dengan apakah responden pengguna atau bukan kartu prabayar Simpati, dilanjutkan dengan pertanyaan menyangkut demografi dan memberikan tanggapan mengenai pernyataan indikator dalam penelitian ini yang disajikan dalam bentuk pernyataan tertutup. Berdasarkan informasi yang diperoleh menunjukan bahwa mayoritas pengguna kartu prabayar Simpati adalah perempuan. Hal ini dikarenakan perempuan dalam aktifitasnya lebih aktif menggunakan seluler dan tertarik dengan Simpati karena fitur yang ditawarkan sesuai dengan keinginan mereka seperti halnya koneksi internet Simpati yang cepat. Pengguna Simpati mayoritas pada rentang usia 26-35 tahun, dan pada tingkat pendidikan yaitu sarjana. Mayoritas pekerjaan responden adalah wiraswasta dengan tingkat pendapatan >Rp. 1.500.000. Selain itu, data yang diperoleh menunjukan bahwa mayoritas responden telah menggunakan Simpati lebih dari 6 bulan sampai sama dengan atau lebih dari 1 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kualitas produk, citra perusahaan, biaya beralih dan kepercayaan merek memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan kartu prabayar Simpati baik secara parsial maupun simultan. Ini menunjukan bahwa konsumen cenderung menggunakan produk yang berkualitas seperti kartu prabayar Simpati. Mereka percaya kualitas Simpati lebih baik dibandingkan dengan kartu prabayar merek lainya. Citra perusahaan Telkomsel di anggap baik oleh konsumen, konsumen lebih percaya pada perusahaan yang bercitra baik dan tentunya mempengaruhi konsumen dalam membeli dan menggunakan produk perusahaan. Dengan kualitas produk dan citra perusahaan yang baik tentunya meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek Simpati. Konsumen juga memperhatikan biaya beralih yang didapat ketika ingin berpindah pada kartu seluler lain, biaya yang timbul tidak hanya biaya finansial, tetapi juga biaya psikologis dan sebagainya. Hal ini juga yang membuat tidak ingin beralih dan tetap setia pada kartu prabayar Simpati. Kata kunci : Kualitas Produk, Citra Perusahaan, Biaya Beralih, Kepercayaan Merek, dan Loyalitas Pelanggan.
id IOS6175.12819
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:07:53Z
last_indexed 2018-09-17T09:07:53Z
recordtype dc
_version_ 1683771147742609408
score 17.538404