PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP BRAND IMAGE APLIKASI SOSIAL MEDIA LINE DI KALANGAN REMAJA

Main Authors: Rahmawati, Fenty, Eka Putri, Seprianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12817/1/SKRIPSI%20PDF.pdf
http://repository.unib.ac.id/12817/
Daftar Isi:
  • Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat dipisahkan dari kegiatannya untuk bersosialisasi dengan orang lain. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, handphone berkembang kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Saat ini handphone tidak hanya digunakan untuk telepon dan mengirim pesan singkat saja (SMS) tetapi sejalan dengan perkembangan, handphone juga dilengkapi dengan fitur fitur lainnya yang tidak kalah menarik yang dapat digunakan untuk bermacam keperluan. Pada era telekomunikasi yang semakin canggih muncul smartphone yaitu handphone yang mempunyai aplikasi internet di dalamnya, aplikasi baru yang sangat popular pada saat ini adalah LINE. LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform yang difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain secara gratis. Menurut Kotler dan Keller (2009), daya tarik iklan ditujukan untuk mempengaruhi perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap, dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek. Menurut Carroll (2009), Celebrity Endorser adalah sebagai setiap individu yang menikmati pengakuan publik dan yang menggunakan pengakuan ini atas nama barang-barang konsumsi dengan tampil bersamanya dalam suatu iklan. Menurut Keller (1993), citra merek yang dibangun dari asosiasi merek ini biasanya berhubungan dengan informasi yang ada dalam ingatan konsumen dengan sesuatu yang berhubungan dengan jasa atau produk tersebut. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian survey. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik sampling yang dipakai adalah teknik Snowball Sampling. Untuk mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis maka penulis melakukan penelitian secara online, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 240 responden. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah kuesioner yang disusun berdasarkan kisi-kisi teoritis dalam bentuk skala likert. Penelitian ini digunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis diperoleh Y=0,177X 1 + 0,154X . Hipotesis pada penelitian ini dapat dibuktikan dari pengujian hipotesis, dimana tingkat signifikasi pada uji F sebesar 0,000. Kemudian nilai Beta untuk masing-masing variabel pada uji t. Untuk nilai Beta X 1 = 0,328 dan untuk X 2 2 = 0,163. Nilai Beta terletak antara 0 hingga 1 sehingga H diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel daya tarik iklan dan celebrity endorsement secara parsial maupun simultan dapat mempengaruhi brand image aplikasi sosial media Line di kalangan remaja.